Senin, 27 Desember 2010

Menjelang Ujian Nasional di Kota Batu

www.google.com
            Menjelang ujian nasional, para guru di Kota Batu mempersiapkan beberapa hal untuk meminimalisir ketidak lulusan. Hal ini bertujuan agar murid-murid dapat lulus dengan nilai yang memuaskan. ini juga disetujui oleh salah seorang wali murid SMP N 02 BATU, ibu Suwarti yang memiliki anak bernama Agung yang sebentar lagi akan menghadapi UAS tingkat SMP. Kekawatiran juga dirasakan oleh beberapa wali murid lain. sehingga semuanya sangat mendukung dengan diadakannya antisipasi belajar di sekolah. Dengan mengadakan les dan bimbingan belajar lebih lanjut.
            Para gurupun memberikan beberapa tips untuk menghadapi UAS. Selain harus mempersiapkan pembelajaran materi, murid-murid juga harus mempersiapkan rohani dan jasmani mereka agar pada saat pelaksanaan UAS tiba, mereka tidak akan mengalami kesulitan dalam menghadapi soal-soal maupun dengan kondisi yang sehat.
Berikut ini ada beberapa tips dalam belajar menghadapi ujian semester :
1.Ikut dalam bimbingan belajar atau les.Dalam kasus ini ada beberapa anak yang susah disuruh belajar dirumah,ini adalah pilihan yang tepat untuk mereka.
2.Belajar kelompok.Dengan belajar kelompok akan menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan karena suasananya lebih santai , sebaiknya dalam belajar kelompok ini ada anak yang pintar yang gabung sehingga anak yang tidak pandai ketularan pintarnya.Lebih baik lagi tetap ada yang mengawasi sehingga suasana belajar tidak berubah menjadi arena bermain.
3.Sering membuat summary atau rangkuman untuk setiap mata pelajaran.
Cara ini akan memudahkan para siswa dalam belajar karena dengan merangkum pelajaran akan lebih memudahkan untuk mereview pelajaran yang diterima di sekolah ataupun yang diajarkan oleh guru di kelas.
4.Disisplin dalam belajar
Disipin dalam belajar  bisa dalam bentuk belajar tepat waktun sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.Dalam hal ini bisa diambil contoh apabila waktunya belajar maka harus belajar dengan sungguh-sungguh dan tidak bermain dan dengan konsentrasi yang penuh.
5.Aktif dalam bertanya dan ditanya
Biasakan untuk selalu bertanya jika ada pelajaran yang kurang dimengerti baik dikelas ,ataupun di rumah.Dengan cara ini maka akan membantu menjawab pertnyaan yang kurang di mengerti.Biasakan pula untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru ataupun teman karena dengan banyak menjawab pertanyaan akan membantu kita untuk menghapal pelajaran secara tidak langsung.(www.google.com)

Tidak ada komentar: