Sabtu, 25 Desember 2010

SLAMATAN DESA "Arak-Arakan Tumpeng di Desa Pandan Rejo Dadapan"

Shanty photo
           Jum'at 25 desember 2010 di desa Pandan Rejo Dadapan mengadakan slamatan desa, yang bertujuan untuk memperingati hari didirikannya desa Dadapan. Acara ini dilaksanakan setiap tahunnya. Slamatan ini juga bertujuan untuk menghindarkan desa dari berbagai bencana ataupun musibah yang menimpa orang-orang desa. Uniknya acara ini dikemas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimulai dengan pengajian pada malam sebelumnya yang dilakukan di punden makam mbah prowongso orang pertama yang mendirikan desa, kemudian paginya diadakan acara slamatan dengan tukar menukar makanan yang ditempatkan pada “encek” tempat makanan yang terbuat dari pelepah pisang dan bambu.
Shanty photo
           Disambung dengan arak-arakan tumpeng keliling desa seperti acara karnaval. Masyarakat desa yang menyaksikan sangat terhibur dengan diadakannya arak-arakan tumpeng keliling desa. Dalam arak-arakan ini tidak hanya tumpeng saja yang ditonjolkan, tetapi pembawa tumpeng juga didandani seperti acara karnaval ada yang berdandan seperti prajurit perang, wayang-wayangan (bagong, semar, dll) dan ada pula yang hanya memakai batik dengan membawa “gong”.

Shanty photo
            Acara ini kemudian ditutup dengan pentas tandak yaitu tarian yang bertujuan agar Pemuda dan Pemudi saling mempunyai kesempatan untuk saling berpandangan dan kadang-kadang berakhir dengan jatuh cinta. Yang kemudian akan disambung dengan jaran kepang pada esok harinya.Sebagai acara penutupan slamatan desa Pandan Rejo Dadapan. diharapkan masyarakatnya desa Pandan Rejo akan lebih sejahtera.


Shanty photo
Shanty photo
Shanty photo

Tidak ada komentar: